Bahkan jika Anda seorang seniman, Anda mungkin berada di luar zona nyaman Anda dalam hal menciptakan presentasi. Berbicara di depan umum adalah keahlian tersendiri, jadi Anda mungkin memerlukan sedikit inspirasi untuk memulai dengan membuat presentasi.

Anda mungkin tidak menganggap diri Anda kreatif, tapi Anda tetap bisa membuat presentasi kreatif. Dengan menggunakan inspirasi dari sumber lain dan tema PowerPoint khusus, Anda dapat membuat presentasi yang membantu Anda menyajikan pesan dengan desain slide yang meyakinkan.

Eureka Presentation PowerPoint Template
Kita akan menggunakan Tema Eureka PowerPoint dari GraphicRiver untuk membuat presentasi yang bagus dengan cepat.

Dalam tutorial ini, saya akan memandu Anda membangun presentasi kreatif di PowerPoint. Anda akan melihat beberapa ide presentasi kreatif dan belajar bagaimana membuat presentasi inovasi Anda sendiri di PowerPoint selangkah demi selangkah.  

Panduan untuk Membuat Presentasi Hebat (Download eBuku Gratis)

Sebelum Anda membaca, pastikan untuk mengambil e-book gratis kami: Panduan Lengkap untuk Membuat Presentasi besar. Itu akan   membantu Anda menguasai proses presentasi, dari: gagasan awal, hingga penulisan, perancangan, dan penyampaian dengan dampak.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana menghindari beberapa kesalahan presentasi yang umum:

Yang Tidak Harus Dilakukan Dalam Presentasi Anda

Entah Anda seorang mahasiswa atau profesional bisnis, Anda mungkin sudah bisa melewati presentasi yang membosankan dan tidak jelas. Terlalu banyak presenter bersandar pada PowerPoint daripada menggunakannya sebagai presentasi  yang membantu.

Karena itu, PowerPoint sering mendapat reputasi buruk. Ingatlah bahwa PowerPoint hanyalah alat yang dapat Anda gunakan untuk membagikan pesan Anda kepada audiens.  

Terkadang lebih mudah untuk memikirkan apa yang tidak harus dilakukan saat Anda sedang membuat presentasi. Inilah masalah terbesar yang harus diperhatikan ketika membahas PowerPoint dan berbicara:

  1. Jangan membaca langsung dari slide Anda. Tidak ada cara cepat untuk kehilangan perhatian audiens daripada menggunakan slide sebagai teleprompter.
  2. Jangan menggunakan tema built-in PowerPoint. Tema PowerPoint built-in terlalu lunak dan terlalu sering digunakan untuk menonjol dari keramaian. Jika ingin berkreasi, gunakan tema PowerPoint kustom dengan slide kreatif
  3. Jangan membuat slide berantakan. Slide yang dikemas bentuk tepi ke tepi dengan konten dapat membanjiri audiens Anda dan mengaburkan maksud Anda.
  4. Jangan berlebihan dengan animasi. Terlalu banyak kotak atau benda terbang dan slide akan mengalihkan perhatian audiens dari pesan Anda. Lebih baik menjaga animasi Anda tetap sederhana.

Bagaimana Mendapatkan Inspirasi untuk Presentasi Anda

Tidak ada yang salah dengan mencari inspirasi saat Anda sedang membuat presentasi. Anda dapat menemukan ide presentasi yang unik dengan melihat beberapa presentasi teratas secara online. Berikut adalah beberapa slide besar (dari SlideShare) untuk memeriksa untuk ide-ide kreatif ketika membuat presentasi PowerPoint Anda sendiri:

Semua presentasi ini cukup sederhana dan menggunakan alat yang dibuat dalam PowerPoint. Mereka mungkin tampak sederhana, tapi ingat bahwa dalam kebanyakan kasus, mereka dirancang untuk mendukung presentasi pembicara, bukan menggantikannya. Temukan lebih banyak presentasi presentasi SlideShare yang hebat dalam daftar artikel Envato Tuts+ kami.

CatatanPastikan untuk menggunakan atribusi dan kredit penulis lain jika Anda langsung menggunakan sumber ide-ide dari presentasi lainnya.  

Desain Template ProwerPoint Kreatif

Ambil template PPT yang kreatif untuk mendapatkan desain presentasi yang cepat. Berikut adalah beberapa yang terbaik, trending template PowerPoint dengan slide kreatif built-in dan siap digunakan:  

Bagaimana Menjadi Kreatif (Bahkan Saat Anda Tidak)

PowerPoint dapat menimbulkan kecemasan kreatif bahkan pada presenter paling berpengalaman sekalipun. Saat Anda membuka file presentasi baru, Anda dihadapkan pada slide kosong dan banyak keputusan tentang bagaimana menyusun konten Anda.

Tema dasar dan bawaan PowerPoint adalah titik awal yang baik, namun kekurangan dalam ide dan inspirasi yang ditawarkan oleh tema pro presentasi. Solusi favorit saya adalah menggunakan Tema PowerPoint Premium dengan desain kreatif. Ini adalah tema profesional dan berkualitas tinggi yang dibuat oleh desainer grafis berbakat.

Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan Tema Eureka PowerPoint itu tersedia melalui GraphicRiver.  

Eureka Creative PowerPoint Presentation Theme
Tema Eureka PowerPoint adalah file kreatif dan siap pakai yang dapat Anda tambahkan sendiri ke konten.

Eureka memiliki lebih dari 200 desain slide PowerPoint unik untuk menampilkan ide kreatif Anda. Bahkan ada presentasi presentasi "gelap" dan "ringan" untuk dua gaya presentasi yang berbeda. Anda bisa menjatuhkan konten Anda sendiri ke salah satu layout slide ini dengan cepat. Menggunakan tema premium adalah cara bagus untuk meminjam kreativitas dari seorang desainer grafis dan mendapatkan hasil yang bagus.

Eureka creative PowerPoint presentation theme layouts
Eureka memiliki lebih dari 200 layout kreatif yang dapat Anda gunakan untuk membuat presentasi Anda sendiri.

Alih-alih merancang presentasi dari awal, saya lebih suka memfokuskan waktuku untuk berlatih berbicara. Saya memikirkan tema premium sebagai cara untuk menghemat banyak jam kerja desain sambil mempersiapkan presentasi.

Cara Membangun Presentasi Kreatif (Cepat)

Mari berjalan melalui cara membuat presentasi kreatif dengan cepat dengan menggunakan tema PowerPoint profesional. Saya akan membuat saran tentang desain slide yang bisa Anda gunakan dari tema Presentasi Eureka, seolah kita bergerak melalui setiap langkah.

Catatan: Untuk kasus contoh ini, kita akan membayangkan kami memperkenalkan aplikasi email baru, Micromail, menggunakan presentasi PowerPoint.  Ini hanyalah salah satu contoh membuat presentasi kreatif untuk menampilkan produk baru, namun Anda bisa menggunakan konten Anda sendiri untuk mendapatkan hasil yang serupa.

1. Ambil Perhatian Pemirsa Anda

Kesan pertama dihitung. Jika Anda ingin turun dengan kekaguman, Anda memerlukan slide pembuka yang menciptakan minat.

Kurang lebih saat mendekati slide pembukaan. Lebih baik membuat pernyataan lisan yang menangkap pemirsa sejak awal daripada membuka slide pembukaan.

Dengan tema Eureka, cobalah slide kreatif 181 untuk pengenalan mata. Ini adalah yang pertama dari serangkaian slide pastel gradien yang trendi sehingga Anda dapat menambahkan konten Anda sendiri. Ganti teks placeholder dengan sesuatu yang spesifik untuk presentasi Anda, tapi jangan memberikan pengungkapan besar.

Creative Presentation Slide 181 - Eureka PowerPoint theme
Slide 181 dalam presentasi Eureka adalah slide sederhana dan menarik dengan placeholder untuk judul Anda.

Alternatif pilihan slide kreatif dalam tema Eureka: Slide 1 adalah slide pengantar yang dapat Anda gunakan.

2. Perkenalkan Tim Anda

Saya sangat percaya bahwa pemirsa terhubung dengan individu di balik produk. Kunjungi perusahaan pemula atau kecil dan mereka hampir secara universal menampilkan halaman "Tim" yang menampilkan anggota perusahaan. Juga, ketika ingin mendatangkan investor dengan sebuah presentation pitch deck, tim Anda menjadi sama pentingnya dengan konsep produk Anda.

Pemasaran modern lebih banyak tentang koneksi yang dibuat daripada menggambarkan perusahaan Anda sebagai negara adikuasa global. Saya menemukan diri saya semakin banyak membeli dari perusahaan dengan tim yang memiliki cerita menarik dan pengalaman yang tepat.

Untuk memperkenalkan tim Anda, nomor desain slide Eureka 99 adalah pilihan tepat untuk menjatuhkan gambar dan informasi tentang anggota tim Anda sendiri. Slide ini memiliki placeholder untuk menambahkan foto tim Anda sendiri:

Team Slide in PowerPoint presentation
Pamerkan tim Anda menggunakan slide pre-built #99, dengan menjatuhkan dengan cepat foto tim Anda sendiri ke dalam kotak gambar.

Sekalipun tim Anda tidak dapat mengikuti presentasi secara pribadi, sebuah slide yang mengenalkannya akan membuat audiens Anda terbiasa dengan pekerjaan mereka dan membangun rasa koneksi. Ini adalah kesempatan bagus untuk memberikan kredit dimana kredit jatuh tempo.

Pilihan slide lainnya: Slide 101 menunjukkan tampilan jenis bagan organisasi dan dapat mengakomodasi tim yang lebih besar, atau menunjukkan tim Anda tanpa foto.  

3. Bagikan Analisis SWOT Anda

Setelah Anda memperkenalkan tim, Anda bisa mulai membangun produk besar Anda. Salah satu cara favorit saya untuk menilai bisnis adalah dengan menggunakan analisis SWOT, dimana anda mendata Kekuatan/Strengths, Kelemahan/Weakness, Peluang/Opportunities, dan Ancaman/Threats yang ada.

Eureka memiliki slide SWOT bawaan (#46) yang dapat Anda gunakan untuk berbagi SWOT Anda dengan penonton. Ada kotak terpisah untuk masing-masing dari empat bagian SWOT.

SWOT Example
Gunakan desain slide # 46 untuk berbagi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang Anda identifikasi saat mengembangkan produk Anda.

Analisis SWOT dapat membantu audiens Anda memahami mengapa Anda mengembangkan produk Anda, dan bagaimana hal itu sesuai dengan produk lain di niche Anda. Pada dasarnya, pertimbangkan apa yang perlu produk Anda lakukan yang belum terpenuhi?

Slide ini adalah contoh bagus bagaimana Anda bisa menggunakan Eureka untuk menghasilkan ide presentasi kreatif. Anda mungkin tidak memikirkan metode SWOT sendiri, tapi template bawaan bisa memicu kreativitas Anda.

Pilihan slide yang lebih terkait: Slide 19-22 adalah keseluruhan slide yang didedikasikan untuk masing-masing dari empat bagian analisis SWOT.

4. Mengungkap Produk

Jadi, kami telah mengisyaratkan produk kami sampai sekarang dan inilah saatnya untuk menarik tirai kembali pada apa adanya. Ini akan menjadi saat yang tepat untuk menggunakan tangkapan layar atau video untuk memamerkan produk Anda.

Dalam contoh saya, saya akan menggunakan desain slide 108 untuk ini. Saya mengganti tiga placeholder gambar dengan satu tangkapan layar dari produk saya (seperti gambar di bawah ini): 

Unveil Product in creative presentation slide
Tangkapan layar besar dari produk harus dipusatkan saat Anda menunjukkannya untuk pertama kalinya.

Pada titik ini, saya mengharapkan Anda untuk meninggalkan PowerPoint dan menampilkan demo produk langsung di dalam aplikasi itu sendiri atau dengan demo video.

Pilihan slide produk yang lebih kreatif: Slide 125-127 adalah keseluruhan slide yang menampilkan perangkat-tiruan berbagai jenis, dari layar laptop hingga smartphone - bagus untuk menampilkan produk digital seperti Micromail.

5. Tunjukkan Roadmap Produk Anda

Peta jalan produk adalah tempat Anda berbagi fitur yang ingin Anda tambahkan ke produk Anda. Aplikasi atau layanan sering kali diluncurkan hanya dengan dasar-dasarnya, jadi Anda ingin memberi penonton sebuah visi untuk masa depan.

Saya menggunakan slide 15 untuk peta jalan produk. Masing-masing poin di timeline mewakili fitur baru atau rencana tim untuk memperbaiki produk.

Product Timeline Slide Design
Garis waktu produk mencakup fitur yang akan datang untuk produk Anda.

Pilihan slide lainnya: Slide 12-14 adalah garis waktu dalam tampilan vertikal (dari atas ke bawah) untuk pengambilan yang berbeda.

6. Beri Pemirsa "Satu Hal Lagi"

Tidak ada salahnya meminjam ide presentasi kreatif dari teknik Steve Jobs yang terkenal. Jobs selalu memukau penonton dengan menyimpan fitur kunci untuk akhir presentasi.

Anda bisa menggunakan desain slide yang sangat sederhana hanya dengan kotak teks untuk tujuan ini. Untuk produk kami, saya mengumumkan bahwa pemirsa dapat langsung menggunakan aplikasi di dalam browser web mereka. Saya menggunakan slide 190 untuk gagasan super sederhana ini.

Slide 190 - one last thing
Untuk berbagi "satu hal lagi", gunakan slide sederhana dengan kotak teks.

Masing-masing slide ini diputar dari desain slide inovatif dalam tema Eureka. Saya menggunakan aplikasi fiktif untuk menunjukkan bahwa Anda dapat menggunakan desain slide untuk menjadi kreatif, namun Anda bisa menggunakan presentasi yang sama untuk tujuan apa pun secara praktis.

Dapatkan ide presentasi yang lebih kreatif untuk presentasi Anda selanjutnya:  

 

Rekap dan Pelajari Lebih Lanjut Tentang Membuat Presentasi PowerPoint

Tutorial ini harus membuat Anda menyadari bahwa kreativitas adalah keterampilan yang bisa dipinjam. Menggunakan tema PowerPoint kustom dari seniman berbakat adalah jalan pintas untuk membuat presentasi PowerPoint yang mengilhami kepercayaan diri.

Jika Tema Eureka PowerPoint Saya gunakan dalam tutorial ini bukan gaya anda, tidak masalah. Luangkan waktu untuk melihat tema kreatif lainnya Envato Elements atau GraphicRiver. Masing-masing template ini mencakup gagasan presentasi PowerPoint yang unik dan tata letak siap pakai untuk membuat presentasi kreatif Anda sendiri dengan cepat.

Berikut adalah tutorial yang lebih bermanfaat untuk mendapatkan ide untuk membangun presentasi Anda: